Penasaran Kok Tiket Konser Coldplay di Singapura Lebih Murah daripada di Indonesia? Simak Yuk Berikut 3 Cara Dapatkan Tiket  Mulai dari Rp750 Ribuan dan Cara Mendapatkan Fasilitas Murah

Ilustrasi (Dok:Net)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Band Coldplay telah dipastikan bakal konser selama empat hari di Singapura. Konser yang menjadi bagian dari Music of the Spheres World Tour itu akan dilangsungkan pada 23--24 Januari 2024 dan 26--27 Januari 2024 di National Stadium.

Salah satu aspek dari konser Coldplay di Singapura yang disoroti netizen adalah harga tiketnya. Tiket konser dibanderol dengan harga yang relatif lebih murah daripada di Indonesia. Tiket untuk CAT 9 dihargai SGD 68 atau sekitar Rp758.000. Sementara CAT 1 yang termahal dijual dengan harga SGD 298 atau Rp3,3 juta.

Dikutip dari merdeka sementara itu, tiket konser Coldplay di Jakarta dijual dengan harga Rp800.000 (CAT 8) sampai Rp11.000.000 (Ultimate Experience CAT 1). Kategori Free Standing dijual dengan harga Rp3.500.000. Sementara kategori General Standing di National di Singapura dihargai SGD 168 atau sekitar Rp1,8 juta.

Perbandingan Harga Tiket Disoroti Netizen

Perbedaan harga tiket konser Coldplay di Singapura dan Jakarta disoroti netizen. ©2023 instagram.com/coldplay

Perbedaan harga tiket konser Coldplay di Singapura dan Jakarta disoroti salah satu pengguna Twitter. Lewat thread yang kemudian ramai dikomentari warganet, akun @felixdass mengkritisi para pelaku bisnis konser di Tanah Air.

"Harga tiket konser Coldplay di Singapura, yang empat malam ini. Harga festivalnya paling 1.8 juta. Orang industri, terutama mereka yang ada di dalam APMI, mungkin perlu refleksi dan ngadu ke pemerintah; kenapa Indonesia nggak bisa sekompetitif ini?"

"Sedih: beli 3 tiket festival di Singapura harganya nyaris kayak 1 tiket festival di Jakarta," lanjutnya dalam thread tersebut.

Pengguna Twitter, @EkgiAchmad menanggapi, "Gokil, harga satu tiket konser Coldplay di Jakarta = nonton Coldplay + bisa makan bakmi langganan Nagita di Singapura."

Akun @felixdass juga mempertanyakan apa yang menyebabkan tiket konser musik di Indonesia begitu mahal. "Apakah cost bikin show di Indonesia tidak kompetitif untuk pelaku usaha menghadirkan harga tiket yang lebih terjangkau (termasuk bidding war)? Apakah promotor di Indonesia serakah? Apakah persoalan perizinan di Indonesia tidak mudah untuk bisa bisnis pertunjukan?"

Pemilik akun @selamathariair berkomentar, "Mungkin salah satunya soal perizinan.... di tingkat Kabupaten di daerah saya untuk perizinan event biaya nya luar biasa."

Akun Twitter, @ya___ra menimpali, "Cost-nya boncos buat EO bikin konser disini, pajaknya gede bat, belom institusi ina itu yg minta jatah tiket, jatah preman dan jatah2 lainnya juga harus di pikirin."

"Kalo promotor serakah ya yg tau mereka lah. Susah ini mau ngulik hahhaa... tapi yg pasti birokrasi yg ribet dan high cost. Coba aja dah bikin event apapun itu," kata akun @hibar68.

"Bukan cuma perijinan mas, promotor kita biasanya dapet artisnya sdh mahal, krn jarang ada yg direct ke manajemen, biasanya promotor kita beli lagi dari promotor lain di Asia, salah satunya dari promotor di Singapore.," kata @akbarwiyana

Di sisi lain, seorang pengguna Twitter memberikan sudut pandang yang berbeda. "Singapore 4x show, tentunya ada fix cost yg lbh murah/efesien dibanding Jakarta yg hanya 1x show... dan offer / demand akhirnya juga mempengaruhi."

Kemungkinan Alasan Tiket Konser Coldplay di Singapura Lebih Murah

Tiket konser Coldplay di Singapura untuk kategori Standing jauh lebih murah daripada kategori yang sama di Jakarta. ©2023 instagram.com/coldplay

Mengapa harga tiket konser Coldplay di Singapura lebih murah daripada di Indonesia? Salah satu kemungkinan alasannya terletak pada jumlah hari konser.

Biaya sewa venue konser dan akomodasi artis untuk empat hari tentu lebih mahal. Namun, biaya kargo, tiket pesawat artis, dan setup panggung jadi lebih murah jika dibandingkan konser di empat venue yang berbeda.

 

Konser empat hari di venue yang sama berarti keseluruhan biaya untuk mendatangkan sang artis ditanggung oleh penonton yang jumlahnya empat kali lebih banyak. Tentunya biaya yang dikeluarkan masing-masing penonton untuk tiket konser jadi lebih kecil.

Selain itu, pemerintah Singapura memang mendukung pariwisatanya dengan memberikan berbagai kemudahan untuk pelancong. Tak seperti Indonesia yang memiliki jauh lebih banyak objek wisata, Singapura harus menonjolkan kemudahan untuk menarik wisatawan asing.

Bandara internasional Singapura, Changi adalah transport hub di kawasan Asia Pasifik. Pelancong dari negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, dan Indonesia bisa mengunjungi negera Merlion tanpa transit. Calon wisatawan dari Indonesia bahkan tidak perlu mengurus visa selama waktu kunjungan wisata tidak lebih dari 30 hari.

Pusat wisata belanja, taman hiburan, dan objek wisata pun mudah diakses dengan transportasi umum. Jadi, tiket konser yang murah bisa menjadi "penarik" agar penggemar musik mau datang ke sana dan membelanjakan uang di sektor-sektor wisata yang lain. [tsr]

 

Segini Harga Tiket Konser Coldplay di Singapura yang Dijual 19 Juni 2023

Band asal London, Inggris, Coldplay telah dipastikan bakal konser empat hari di Singapura. Kabar ini disampaikan oleh promotor konser, Live Nation SG lewat media sosial mereka.

"Kami dengan bangga mempersembahkan live tour pemecah rekor Coldplay di Singapura, di mana mereka akan tampil perdana selama 4 malam di tempat kita, National Stadium!"

Konser bertajuk Music of the Spheres itu dijadwalkan pada tanggal 23--24 Januari 2024 dan 26--27 Januari 2024. Para penggemar Indonesia yang belum kebagian tiket konser Coldplay di Jakarta langsung bersemangat. Tak sedikit yang berniat menyeberang ke Singapura untuk menonton penampilan Chris Martin dan kawan-kawan.

Berapa harga tiket konser Coldplay di Singapura dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak informasi selengkapnya!

Harga Tiket Konser Coldplay Singapura

Berikut ini harga tiket konser Coldplay di Singapura untuk setiap kategori.

CAT 1 : SGD 298 atau Rp3,3 juta

CAT 2 : SGD 268 atau Rp2,9 juta

CAT 3 : SGD 238 atau Rp2,6 juta

CAT 4 : SGD 208 atau Rp2,3 juta

CAT 5 : SGD 168 atau Rp1,8 juta

General Standing : SGD 168 atau Rp1,8 juta

CAT 6 : SGD 148 atau Rp1,6 juta

CAT 7 : SGD 128 atau Rp1,4 juta

CAT 8 : SGD 98 atau sekitar Rpjuta

CAT 9 : SGD 68 atau Rp758 ribu

Selain Singapura, Coldplay juga mengumumkan akan singgah di Philippine Arena Manila, Filipina, pada 19 Januari 2024 serta di Rajamangala National Stadium, Bangkok, Thailand, pada 3 Februari 2024.

Cara Mendapatkan Tiket Konser Coldplay di Singapura

Jika Anda berminat untuk menyaksikan penampilan Coldplay secara langsung di Singapura, Anda perlu melakukan booking tiket. Penjualan dilakukan selama dua hari, yaitu 19--20 Juni 2023.

Penjualan tiket dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini informasinya.

1. Artiste Presale

Hari dan Tanggal: Senin, 19 Juni 2023

Pukul: 14.00 - 23.59 waktu setempat

Syarat: Langganan ke buletin Coldplay di www.coldplay.com/sign-up sebelum 16 Juni.

2. Live Nation Presale

Hari dan Tanggal: Senin, 19 Juni 2023

Pukul: 14.00 - 23.59 waktu setempat

Syarat: Daftar sebagai anggota Live Nation Singapura melalui situs livenation.sg.

3. General Sale

Hari dan Tanggal: Selasa, 20 Juni 2023

Pukul: 14.00 - selesai waktu setempat

Syarat: Kunjungi situs www.tiketmaster.sg

Demikian informasi tentang cara mendapatkan tiket konser Coldplay di Singapura.

Tips Nonton Konser Coldplay di Singapura dengan Budget Backpacker

Bandara Internasional Changi, Singapura. ©2023 Merdeka.com

Merdeka.com - Band Coldplay menggelar konser selama empat hari (23--24 Januari 2024 dan 26--27 Januari 2024) di National Stadium, Singapura. Harga tiketnya pun relatif lebih murah daripada tiket konser Coldplay di Jakarta pada November 2023 nanti.

Jadwal dan harga tiket konser ini membuat para penggemar Coldplay yang belum kebagian tiket tergoda untuk menonton di Singapura. Meskipun harga tiketnya murah, biaya yang dibutuhkan untuk ke Singapura tentu harus dipikirkan.

Pengguna Twitter, @prasistars membagikan sederet tips untuk nonton Coldplay di Singapura dengan biaya minimum. "Nonton Coldplay di SG versi hemat: berangkat pagi/siang, dr Changi naik MRT/bis, turun langsung di National Stadium station. Malam kelar konser lgsg balik ke Changi naik MRT/Bis lagi. Tidur di Snooze Lounge Changi, gratis. Pulang pakai flight paling pagi," tulisnya.

Harga Tiket Pesawat ke Singapura

Berapa harga tiket pesawat ke Singapura? Jika mengikuti thread yang dibuat @prasistars, tiket untuk penerbangan pagi (07.00) Jakarta-Singapura di aplikasi Traveloka dijual dengan harga Rp1.008.984. Tiket untuk penerbangan jam 08.30 dan 11.00 bisa didapatkan dengan harga Rp941.460.

Kenapa Tiket Konser Coldplay di Singapura Lebih Murah daripada di Indonesia?

Tiket untuk penerbangan Singapura-Jakarta paling pagi dengan harga sejutaan dijual dengan harga Rp1.566.943 (08.00). Jika tidak disertai checked-in baggage, harga tiket pesawat bisa lebih murah lagi.

Anda juga bisa mendapatkan harga tiket di bawah Rp500.000 untuk tanggal keberangkatan 22 Januari 2024 atau sehari sebelum jadwal konser.

Tips Makan Murah di Singapura

Selanjutnya, @prasistars berbagi tips soal makan murah di Singapura. "Nyari makan murah bisa di kantin karyawan airport Changi. Atau jalan kaki ke Geylang dr National Stadium, byk makanan murah."

Ia melanjutkan, "Di setiap Terminal di Changi ada hidden staff canteen. Aku biasanya milih tny ke petugas kebersihan 'can u pls show me where is the staff canteen location' mrk akan dg senang hati nunjukin arah (ketimbang nanya ke security atau CS). Byk yg halal krn most of staff: Malay atau TKI."

Harga makanan di kantin karyawan tergolong murah, bisa kurang dari SGD 5 (sekitar Rp56.000). Warung-warung yang dikelola oleh imigran India atau Bangladesh juga bisa dijadikan pilihan. Selain murah meriah, porsi makanannya juga besar.

Jangan lupa siapkan tisu wajah dan botol minum isi ulang dari rumah. Pengeluaran untuk tisu dan air mineral biasanya jarang diperhatikan. Padahal, dua barang ini harganya cukup mahal di Singapura.

Hotel Murah di Singapura

Awalnya, @prasistars menyarankan untuk menginap di bandara. Pasalnya, setiap terminal di Changi International Airport punya snooze lounge yang nyaman. Bahkan jika tidak kebagian tempat untuk berbaring, lantai yang beralas karpet pun sudah cukup nyaman.

Buat calon wisatawan yang lebih memilih akomodasi nyaman, ia menyarankan hotel-hotel di kawasan Geylang. "Kl mau nginep murah bisa di Geylang. Ibis Budget di Geylang cuma 800an utk 2 org semalam, jalan kaki menyusuri Nicoll Highway cuma 1,5 KMan dr Stadion."

Dorm atau hostel yang memang jadi langganan backpacker juga bisa dijadikan pilihan. Menilik aplikasi booking hotel, ada beberapa hostel yang harganya mulai dari Rp100.000-an sampai Rp250.000-an. Penginapan-penginapan yang cukup dekat dari National Stadium juga tak sedikit yang menawarkan harga kurang dari Rp1.000.000 per malam.

Transportasi Menuju National Stadium

Soal transportasi menuju National Stadium juga tak perlu dikhawatirkan. Hampir semua wilayah di Singapura terjangkau dengan transportasi umum.

Pemilik akun @prasistars menyarankan, "Naik MRT dr Changi ke NatStad: naik line hijau (to Jurong). Janlup 1 stop dr Changi (Tanah Merah) turun, dan oper kereta ke jalur sebelahnya (masih sama line hijau jg). 4 stop kemudian sampai di Paya Lebar, oper line orens (jurusan marina bay). 3 stop lalu sampailah di Stadium!"

"Kalo gak punya ez-link bisa beli tiket MRT manual di General Ticket Machine, bisa beli untuk one way atau PP, harga dihitung pertujuan station. Dari Changi ke National Stadium PP sekitar 20-30 ribu rupiah," katanya.

Demikian sederet tips untuk nonton konser Coldplay di Singapura dengan budget minimum.***